korankobar .com

Minggu, 06 Maret 2016

Anak - Anak PAUD Minum Susu dan Makan Telor Bersama Bupati



KORAN KOBAR (BREBES)- Sebanyak 1500 anak dari berbagai Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) se Kecamatan Brebes melakukan gerakan minum susu dan telor bersama Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE. Dengan didampingi guru dan orang tua masing-masing, mereka diajak untuk membiasakan diri minum susu dan makan telor setiap hari. Dengan harapan terpenuhi gizi mereka sehingga tidak terjadi stunting.
“Ayo, kita minum susu dan telor ya, biar badan sehat bergizi,” ajak Bupati Brebes saat makan telor dan susu bersama anak-anak yang duduk di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kecamatan Brebes di Pendopo Bupati Brebes, Rabu (2/3/16) lalu.
Bupati dengan telaten bahkan membukakan kulit telor, kemudian menyuapi seorang anak TK. “Makan telor ya, terus minum susu,” bujuknya dengan penuh keibuan.
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes Ir Yulia Hendrawati menjelaskan, Brebes selain memiliki komoditas Bawang Merah dan Telor Asin juga memiliki potensi dibidang peternakan seperti seperti sapi Jabres (Jawa Brebes), dan usaha olahan susu sapi di daerah paguyangan. "Kami ingin kebiasaan minum susu dan makan telor melekat dalam diri anak sejak dini sehingga memiliki daya saing unggul," kata Yulia.
Gerakan Intensif Minum Susu dan Makan Telur (Gerimis Telur) digelar guna menyiapkan dan membentuk generasi yang unggul dan berkualitas. Seorang anak membutuhkan asupan gizi yang baik, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya anak-anak agar membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang bergizi, berimbang, dan beragam (3B).
“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa agar dapat memahami dan membiasakan diri mengkonsumsi makanan 3B, yaitu makanan yang bergizi, berimbang, beragam,  aman, berkualitas berbahan baku lokal serta meningkatkan gizi masyarakat dan anak sekolah,” ujar Yulia.
Dia menerangkan, telur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, baik sebagai kebutuhan pemenuhan gizi harian atau sebagai pemenuhan hal yang lainnya. Si bulat lonjong yang dihasilkan oleh hewan unggas atau burung ini memiliki banyak sekali manfaat, yaitu membantu perkembangan otak, memicu rasa bahagia, kesehatan mata, menghilangkan jerawat, menjaga berat badan tetap sehat, mencegah kanker dan penyakit jantung, serta menjaga stamina tubuh.
Sementara itu, susu sendiri merupakan penyempurna karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dibandingkan minuman yang lainnya. Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat tulang dan gigi, tetapi sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam amino dan asam pantotenat (Vitamin B5).
Selain kepada anak-anak PAUD, Gerimis Telur juga akan digelar di 187 pesantren se Kabupaten Brebes. “Kami menyediakan 12 ribu paket untuk santri dan anak sekolah se Kabupaten Brebes,” terang Yulia.
Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Brebes Suparti menjelaskan, se Kecamatan Brebes ada 102 PAUD yang terdiri dari 46 TK (Taman Kanak-kanak) dan 56 KB (Kelompok Bermain). “Ribuan siswa anak usia dini perlu mendapatkan perhatian semua pihak, termasuk pemenuhan asupan gizi agar tetap sehat ceria,” ujarnya. (Diki/A Basit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar