korankobar .com

Senin, 30 April 2012

PELATIHAN EKONOMI RAKYAT DENGAN RAKYAT BERDAYA DAN BREBES BERJAYA

Brebes (Koran Kobar)- Pada hari minggu, 29 April 2012 dengan mengambil tempat di Hotel Dedi jaya Brebes Hj. Idza Priyanti, A.md telah membuka rangkaian kegiatan pemberdayaan ekonomi rakyat untuk kegiatan yang dimulai dengan melatih 100 petani untuk mengupayakan langsung, dan nyata dalam memberdayakan pelaku ekonomi rakyat yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah.
Diawal sambutannya Hj. Idza Priyanti, A.md menyatakan bahwa Kabupaten Brebes Jawa Tengah banyak Persentasi jumlah penduduk miskin yang berjumlah 24,39 persen dan sementara itu di Provinsi Jawa Tengah hanya sebesar 17,48 persen, itu adalah realisasi yang harus kita rubah dengan memberdayakan ekonomi rakyat secara nyata dan segera. Disektor utama perekonomian Brebes adalah dimana tempat sebagian besar masyarakat Brebes Jawa Tengah banyak sekali menggantungkan mata pencahariannya untuk keluarga mereka yaitu “Dangan tiga sektor yang paling dominan pada stuktur perekonomian Kabupaten Brebes adalah sektor pertanian kususnya tanaman bahan makanan, sektor perdagangan secara lebih spesifik ialah perdagangan besar dan eceran, serta sektor industri pengolahan ialah sektor industri makanan dan minuman”.
Selanjutnya Hj. Idza Priyanti, A.md menjelaskan dalam konsep pemberdayaan yang akan dilaksanakan dengan cara KUAT yaitu:
1.  K adalah Kurangi beban, pelayanan kesehatan, dan pendidikan sungguh dapat menjangkau dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk rakyat sehat, terdidik, dll sebagai kunci bagi kemajuan daerah.
2.  U adalah Urusan ijin usaha yang mudah, cepat, dan murah dapat menjadikan sebuah keharusan.
3. A adalah Akses keuangan pelaku ekonomi rakyat Kabupaten Brebes mendapatkan kemudahan, kecepatan, dan kemurahan yang dapat di jangkau.
4. T adalah tingkatkan skill usaha yang memberikan kesempatan kepada pelaku ekonomi rakyat untuk meningkatkan skill usahanya.
Sebagai langkah awal untuk menjalankan pemberdayakan ekonomi Kabupaten Brebes Hj. Idza Priyanti,A.md mengambil inisiatif untuk melaksanakan trening kepada tiga kelompok masyarakat yang terpilih yaitu:
1. Tani dan keluarga tani dalam pelatihan yang akan dilaksanakan adalah manejemen usaha tani yang mencakup usaha tani, pengembangan produk tani, dan pengelolaan keuangan usaha tani.
2.   Kaum perempuan dalam pelaksanaan pemberdayaannya melalui pelatihan tentang pembangunan usaha rumah tangga yang terdiri dari dasar - dasar ekonomi rumah tangga, identifikasi peluang usaha rumah tangga, serta penyusunan rencana rumah tangga.
3. Kaum muda melalui pemberdayaan dengan melibatkan mereka dalam pelatihan kewirausahaan yang terdiri dari dasar - dasar kewirausahaan, identifikasi peluang usaha, pengelolaan keuangan usaha kecil, serta penyusunan rencana pengembangan usaha kecil.
Dengan rangkaian kegiatan yang telah dibuka untuk warga Kabupaten Brebes Jawa Tengah yang mau memenuhi kualifikasi hingga ingin mendaftarkan dirinya untuk segera datang di kantor sekretariat Gema Bestari dan akan diseleksi oleh panitia. (Dykky, Rofik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar